Sabtu, 08 November 2014

Mercedes Fokus Soal Reliabilitas

MASALAH keterandalan (reliabilitas) mobil menjadi perhatian tim Mercedes menjelang akhir balap Formula 1 tahun ini. Pasalnya, dalam 17 seri yang telah digelar, dua pembalap Mercedes Lewis Hamilton dan Nico Rosberg lebih dari satu kali merasakan pahitnya gagal finis.

Tahun ini, Hamilton dua tiga kali gagal menyelesaikan lomba, sedangkan Rosberg dua kali. Bos Mercedes Toto Wolff mengatakan tim akan melakukan segala hal agar dua pembalap mereka bisa menyelesaikan lomba di GP Brasil yang akan berlangsung Minggu (9/11) waktu setempat dan GP Abu Dhabi, Minggu (23/11).

“Tidak ada istirahat mulai saat ini hingga Abu Dhabi. Fokus kami ialah memastikan masalah reliabilitas kembali muncul,“ tegas Wolff, kemarin.

Hamilton memang berharap mobil Mercedes tidak lagi mengalami masalah yang bisa membuat dirinya gagal finis. Saat harus bersaing ketat dengan Rosberg untuk merebut gelar juara dunia, pembalap Inggris tersebut gagal hanya karena mobil yang dikendarainya gagal finis.

“Kami akan berusaha untuk cepat dan memimpin lomba. Namun, kami juga harus menjaga mesin ataupun gear box agar bisa masuk finis,“ ujar Hamilton. Dari ajang Moto-GP, Marc Marquez menjadi yang tercepat di sesi latihan pertama. Pembalap Repsol Honda tersebut membukukan waktu 1 menit 31,296 detik.

Di GP Valencia yang akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Marquez mengincar rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim. Pembalap yang telah memastikan diri menjadi juara dunia tersebut kini membidik kemenangan ke-13 tahun ini. Di sisi lain, seri terakhir Moto-GP 2014 dipastikan akan diwarnai duel dua pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Keduanya akan bersaing untuk merebut posisi runner up di klasemen akhir. Rossi kini menempati peringkat kedua dengan 275 poin, sementara Lorenzo di posisi ketiga dengan selisih 12 poin.

Dalam sesi latihan pertama, Lorenzo mencetak waktu tercepat kedua. Rossi justru berada di posisi kelima. Selain duel dua pembalap Yamaha, perhatian publik di Moto-GP Valencia juga akan tertuju kepada tim Suzuki. Ini merupakan kali pertama tim pabrikan asal Jepang itu tampil kembali di Moto-GP setelah absen sejak 2011. (AP/Wdo/R-2) Media Indonesia, 8/11/2014, halaman 21